Senin, 22 Agustus 2016

Company Profil Arza

(di publikasikan pada tgl 22 Agustus 2016) mungkin isinya kurang relevan dengan keadaan yang sekarang. silahkan di edit sesuai informasi yang didapat pada saat wawancara / tanya jawab dengan pemilik/perintis usaha.

COMPANY PROFILE ARZA COMPUTER

Sejarah Berdirinya

Arza Computer di dirikan pada tahun 2003, pertama kali buka dengan menempati Toko di Jalan Gatot Subroto No. 195 Banyurip Pekalongan Selatan. Banyurip termasuk wilayah kota Pekalongan, jadi kebutuhan untuk setting atau pengetikan cukup banyak, pelanggan biasanya berasal dari lingkungan sekitar baik mahasiswa atau pelajar, yang paling sering yaitu pengetikan makalah dan skripsi mahasiswa STAIN Pekalongan yang sekarang menjadi IAIN Pekalongan, selain itu sekolah terdekat  seperti MTs Hifal, MA HIFAL,  MI HIFAL 01 & 02,  MTs IN Banyurip Ageng, SMK Syafi’i Akrom, MAS Simbang Kulon, MTs Simbang Kulon, baik guru / siswa menjadi pelanggan untuk pengetikan tugas sekolah maupun pengetikan soal.  Untuk masyarakat sekitar Banyurip dan Simbang  yang terbiasa dengan acara yasin tahlil memilih ARZA Computer, karena di arza menerima setting undangan sekaligus fotocopy, baik itu undangan yasin tahlil, walimatul ursy, walimatul hamli, walimatul khitan, walimatul aqiqoh, tasyakuran kelahiran dan lain sebagainya. Berada di lingkungan Banyurip & Simbang yang masyarakatnya mempunyai mata pencaharian sebagai pengusaha batik, ARZA Computer juga melayani setting dan desain  motif batik, maupun gambar kaos.
Setelah pelayanan di arza Banyurip yang meliputi jasa pengetikan dan setting undangan, dan gambar batik maupun kaos. Pada  tahun 2007 kami mencoba melebarkan sayap di bidang Video Shooting, yang pada waktu itu jasa video shoting masih sedikit, jadi beberapa acara seperti Walimatul Ursy, wisuda, pengajian menjadi jasa yang di tekuni setelah pengetikan.
Pada tahun 2014, ARZA membuka cabang di Kedungwuni, berada di lingkungan Sekolah Sedangkan ARZA Tiga beralamatkan di Capgawen Gg. SMP 1 Kedungwuni (Sebelah Timur SMP1). Siswa SMP, MTs, MAN, SMK Yapenda pada waktu pendaftaran siswa baru sering mencetak foto di ARZA Tiga, karena tempat ini sangat dengan dengan sekolah-sekolah tersebut. Sedangkan untuk sehari-harinya, beberapa siswa pada waktu istirahat, pulang sekolah ataupun hari libur, pekerjaan rumah (PR) yang membutuhkan internet sebagai sarana browsing, bisa di lakukan di ARZA 3 ini, untuk akhir semester, kadang pengetikan soal-soal baik latin maupun arab menjadi bagian jasa dari kami.
Pada Tahun 2016, ARZA membuka fasilitas Warnet di Prawasan Suropadan   Gg. Mangga. untuk pelajar dan masyakarat umum, koneksi internet membantu pelanggan untuk kebutuhan browsing, upload foto, video, atau untuk sekedar online sosial media.   
 
Visi & Misi
Visi :   
Disamping sebagai usaha profit ( yang mengharapkan keuntungan) arza comp juga ingin memberikan jasa pelayanan percetakan desain yang mudah, murah dan bermutu.

Misi :
  • Menerapkan tehnologi yang aplikatif untuk bekerja.
  • Memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya untuk pelanggan
  • Selalu mengupdate informasi dan teknologi untuk usahanya

Peralatan dan Perlengkapan
  1. Di arza Banyurip
  • Personal Computer (CPU, monitor, mouse keyboard)    5 unit
  • Printer / alat cetak  tinta warna                                       2 unit
  • Printer Laser (Hitam Putih) 1 unit
  • Scanner Foto / Dokument 2 unit
  • Mesin Fotocopy 1 unit

  1. Di Arza 3 Gg Smp
  • Personal Computer (CPU, monitor, mouse keyboard)    5 unit
  • Printer / alat cetak  tinta warna                                        1 unit
  • Scanner Foto / Dokument 2 unit

  1. Di ARZA NET Gg. Mangga
  • PC Server        1 unit
  • PC Billing 1 unit
  • PC Client Warnet 9 unit
  • Printer / alat cetak  tinta warna                                1 unit
  • Scanner Foto / Dokument 2 unit

D. ARZA FOTO & VIDEO SHOOTING
  • Kamera Foto DSLR   unit
  • Kamera Digital (kamera Saku)    unit
  • Kamera Video / Camcorder Profesional   unit
  • Handycam   unit
  • Tripod   unit


ALAMAT & spesfikasi pekerjaan (yang sering di kerjakan)

No
Nama / Alamat
spesfikasi pekerjaan (yang sering di kerjakan)
1.
Arza Comp Banyurip
(Selatan Pasar Banyurip)
Jl. Gatot Subroto 195
Undangan untuk fotocopy (yasin tahlil, walimatul ursy, walimatul khamli, walimatul khitan, tasy. Nama bayi, tasy nama khitan)
2
Arza 3 Gg. SMP 1 Kedungwuni
Tugas Sekolah (SMP 1, SMP 2, SMP 3, MTs 1, MAN 1,  Yapenda, SMANDUNG, SMK 1, MIN Kedungwuni, SD 06)
3
Arza Net Gg. Mangga
(Gg Depan Islamic Center) Kedungwuni
Kebutuhan browsing & tugas sekolah (tugas mandiri)
4
Arza Foto & Video Shooting  Kedungwuni (rumah Prawasan)
Order Video shooting & foto editing
5
Arza Selatan BLOK I Pasar Kedungwuni, Capgawen selatan No. 80 Kedungwuni Timur
Rumah

Kinerja Perusahaan
Untuk keperluan menyimpan file-file / dokumen yang berukuran tidak terlalu besar secara online menggunakan file di GROUP yang di buat menggunakan facebook. (2015-2017)

Namun pada tahun 2018-sekarang (2022) sudah beralih ke Google Drive yang sudah bisa di share ke rekan kerja yang membutuhan.

Seandainya 1 group bisa membuat folder sendiri, mungkin tidak akan banyak group yg di buat.
Group disini hanya bersifat seperti folder

No
Nama Group
Keterangan / isi
1
arzaNET
(GROUP UTAMA&PERTAMA) Group yang pertama kali dibuat yg digunakan untuk mengupload semua file, word, exel, corel, jpg, master, driver. Berisi file-file yg di upload dari ARZA3 Gg. SMP 1  dan ARZANET gg. Mangga.  
Untuk selanjutnya group arzaNET bisa di gunakan untuk mengupload file-file umum yang bukan tugas anak sekolah. Karena tugas sekolah sudah ada group tersendiri.
2
Arza banyurip
Group file-file umum urutan kedua yang berisi dokumen ketikan / settingan dari PC arza banyurip. Untuk undangan yasin tahlil (und.potrait) dan undangan landscape (manten, khamli, khitan) sudah ada group tersendiri
3
Pusat Tugas Sekolah
Group yang sering digunakan upload di lingkungan sekolah, dikarenakan arza3 dan arza gg. Mangga berada di lingkungan sekolah (SMP1, SMP 2, SMP3, MTsN, MIN kdw, SMK Yapenda, Smandung, SMK 1, SD 06 pakisan , MTs Panggung, MI WS KRANJI 01 & 02 dan sekolah lain  yg mencari tugas)
4
Yasin Tahlil (und. Potrait)
Semua jenis undangan kertas potrait / tegak. Di upload di group ini. Yasin tahlil, manakiban, und. Rutinan barzanji,  

Desain baru
Disimpan dg keterangan bulan dan tahun pembuatan desain  contoh : Walimah Desain April 2017)
5
Und. Lanscape
Undangan jenis fotocopy spt, walimatul ursy, ramah-tamah, walimatul khitan, walimatul khamli, rapat pelandang, ibu-ibu dipun aturi pinarakan, walimatul aqiqoh, dan file corel yang di setting dg menggunakan kertas landcape/tidur di upload disini

Group pendukung lain (digunakan mengupload file-file yang jarang digunakan, agar tetap berada dalam lingkup tema yang sama dan tidak semakin terbenam dibawah, karena group group ini digunakan secara periodik ( ada yang digunakan hanya sekali seumur hidup, 1 tahun sekali, 6 bulan sekali, 3 bulan sekali, 1 bulan sekali, atau bahkan 1 pekan sekali). Seandainya file-file yang di upload di group ini tidak digunakan lagi, paling tidak akan menjadi referensi untuk kerjaan yang sejenis, misalkan group file FOTO digunakan untuk mengupload foto yang pernah di cetak di arza. Ingat upload foto ini adalah gratis&free dan disimpan di internet bukan di hardis PC, jadi meringankan kapasitas PC.  

GROUP PENDUKUNG

No
Nama Group
Keterangan / isi
1
Vont Vavorit
Font unik yang pernah digunakan di upload di group ini. Jika dokumen corel mengalami missing font.. Font tersebut bisa di uploas di group ini. Disertai preview font di bagian komentar
2
Und. Blangko Print warna
Berisi Setting und corel.cdr, blangko depan jpg, blangko isi jpg.(penamaan sesuai seri & merk. Blangko undangan( Kegiatan upload sampingan, untuk membangun sebuah katalog Undangan di internet. Sekaligus untuk memudahkan jika blangko2 tertentu yg sering digunakan.
3
Nama Bayi Khitan File
Kartu Tasy. Khitan/UndanganKhitan Anak2, Tasy Kelahiran, Aqiqah, DunDunan bagi 8, bagi 6, bagi 4, 1 lembar yg ditempel di dinding.
(kotak kotak, 1 lembai jadi 6, 8, 4)
4
Pamplet, mmt,brosur piagam, merk
Famplet Pengumuman, Brosur, label Merk, brosur, piagam, MMT, bisa di upload di File.
5
Brankas ARZA
soal-soal & data penting bisa file di upload disini. Brankas hanya berisi anggota yg dikenal, untuk melihat soal-soal yg pernah diketik.
Karena kebutuhan soal periodik,(semester 6 bulan sekali, UTS, 3 bulan sekali, soal nisfu sanah, akhir sanah), group ini dibuat untuk mengantisipasi agar  soal-soal tidak tercampur dengan file-file lain yg mengakibakan file soal berada dibawah.  
6
Setting Kaos&Batik file 'n preview
Meskipun file kaos/ batik digunakan 1 kali, akan tetapi teknik-teknik dan standar-standar tebal garis dan besar kecilnya titik, diperlukan referensi yg cukup banyak pengalaman. Kadang file tanahan (motif dasar batik) sering dibutuhkan.
7
Perangkat Pembelajaran File
Jika musim pembuatan perangkat pembelajaran akan sangat membantu dalam pencarian  dokumen. Sesuai kurilum (KURTILAS) Perangkat pembelajaran sering dibutuhkan oleh guru-guru, prota, promes, silabus, rpp dll MI/SD, SMP, SMA/MAN. Penamaan file diharapkan mudah difahami & jelas. Sekolah, mapel, kelas.
8
Arza Foto & Shooting
Untuk jaga-jaga apabila seseorang ingin mencetak foto ulang. Sekaligus agar meringankan kapasitas file di hardisk. Bisa juga untuk mengetahui jenis PAKET foto.

Group tersier…. (setelah primer, sekunder,..)

PIN&GANTUNGAN KUNCI arza FILE  (jenis pin/gantugan kunci. Besar / kecil)

IAIN file (file-file ketikan kampus/universitas ,  skripsi / makalah )

notepad&masterProgARZA, berisi program program kecil yg di upload, atau link program yg berukuran besar. Atau dengan kata lain, master driver yg berukuran kecil di simpan di group ini.

1 komentar: